RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pembelajaran
Kelas / semester
Waktu
Pertemuan ke
Hari / Tanggal
|
:
:
:
:
:
|
Bhs Indonesia
IV / 2
3 x 35 Menit
1
Kamis, 25 April
2013
|
Tema
6. Budi pekerti
I.
Kompetensi Dasar
Berbicara
6.1
Berbalas
pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat
II.
Indicator
6.1.1
Mengucap
kata atau Frasa dengan lafal dan intonasi berdasarkan jeda yang tepat
6.1.2
Membacakan
pantun secara lengkap dengan lafal dan intonasi yang tepat
6.1.3
Menjelaskan
makna setiap pantun yang diucapkan
6.1.4
Berbalas
pantun dengan lafal dan icntonasi yang dibaca
III.
Tujuan pembelajaran
Ø Siswa mengucapkan ata atau frasa
dengan lafl dan intonasi berdasarkan jeda yang tepat
Ø Siswa membacakan pantun secara
lengkap dengan lafal dan intonasi yang tepat
Ø Siswa menjelaskan makna setiap pantun
yang diucapkan
Ø Siswa berbalas pantun dengan lafal
dan icntonasi yang dibaca
IV.
Materi ajar
Ø Teks pantun
V.
Metode pembelajaran
Ø Ceramah, Diskusi, Tanya jawab,
Demontrasi
VI.
Langkah pembelajaran
a.
Appersepsi
Ø Siswa dikondisikan untuk siap
menghadapi kegiatan pembelajaran dengan cara Tanya jawab sekitar
Ø Siswa menirukan pembacaan pantun yang
diucapkan guru setiap kata-kata atau frasa
Ø Siswa menirukan pembacaan pantun yang
diucapkan guru setiap kalimat / baris
Ø Siswa membacakan puisi secara
keseluruhan dengan lafal dan intonasi yang tepat
Ø Siswa diperkenalkan caara berdiskusi
yang benar dengan pembagian tugas dan pekerjaan yang disesuaikan degan
kemampuan anggotanya.
Ø Siswa melakukan pretes
b.
Kegiatan
Inti
1. Tahap Eksplorasi.
Ø Siswa mengamati arahan umum guru
sekitar kompetensi yang harus dicapai sebagai tujuan pembelajaran yang akan
dilaksakan, serta arahan sekilas tentang materi pokok yang akan dipelajri
siswa.
Ø Siswa membaca pantun
Ø Guru mengajukan beberapa pertanyaan
pancingan tentang teks pantun yang dibaca dengan tidak membahas jawaban yang
disampaikan siswa
Ø Siswa secara berkelompok berdiskusi
untuk membahas lembaran kerja siswa ( LKS ) untuk membahas:
*
Mengucapkan
kata atau frasa dengan lafal dan intonasi berdasarkan jeda yang tepat
*
Membacakan
pantun secara lengkap dan lafal dan intonasi yang tepat
*
Menjelaskan
makna setiap pantun yang dibacakan
*
Berbalas
pantun dengan lafal dan intonasi yang dibaca
2. Tahap Elaborasi
Ø Siswa mencatat seluruh hasil diskusi
Ø Siswa mempresentasikan hasil diskusi,
dan menaggapi setiap sanggahan dari kelompok lain
3. Tahap Konfirmasi
Ø Siswa dan guru menyempurnakan hasil
kegiatan dengan melengkapi yang kurang dan mengoreksi konsep atau pemahaman
yang kurang sesuai dan kompetensi yang diharapkan
c.
Kegiatan
Akhir
Ø Siswa dan guru menyimpulkan hasil
kegiatan
VII.
Alat dan Sumber Belajar
a.
Alat
Belajar
Ø Teks pantun
b.
Sumber
Belajar
Ø Buku bahasa Indonesia untuk kelas IV
penerbit PPDPN BSE
Ø Buku reperensi yang sesuia hal
Pernahkah kamu berbalas pantun dengan
temanmu?? Di bawah ini di berikan beberapa contoh pantun yang dapat kamu baca
secara berbalasan dengan temanmu. Bacalah dengan lafal dan intonasi yang tepat
dan lakukan di depan kelas secara berpasangan dengan temanmu!
1. Buah nangka buah durian,
Cempedak muda dibuat jamu.
Buat apa berteman,
Jika tak pernah bermain denganku.
Buah kelapa dingin airmu,
Nira dipiring tumpah kau buang
Buat apa main denganmu,
Jika bermain pasti kau curang.
2. Mangga di petik berwarna merah
Saying disayang tinggalah Satu
duhai abang berbaju merah
Sudah lupakah dikau padaku?
Mangga dijual satu keranjang
Dijualnya lewat surau
Adinda cantik kasihku saying
Mana mungkin lupakan dikau
( Yani Maryani, 2007 )
Setelah kalian membaca dan berbalas pantun, bekerjalah secara
berkelompok dengan teman sebangkumu untuk membuat pantun yang isinya dapat
untuk berbalas pantun separti yang telah kalian lakukan tadi. Bacalah pantun
hasil kelompok kalian didepan kelas!
VIII.
Penilaian
a.
Jenis
tes
Tes lisan
b.
Bentuk
tes
Isian
c.
Instrument
Diketahui
Kepala Sekolah
Wati, S.Pd.SD
NIP. 196401021 198610 1 001
|
Sukabumi, 25 April 2013
Guru Kelas
IMAM SAEFUL ISLAM
|
Jammy Monkey | Casino - Jaxton Road, IL
BalasHapusJammy Monkey is the latest addition to the Jammy Monkey family's casino and casino offering. The 포항 출장마사지 Jammy 통영 출장샵 Monkey is a 당진 출장안마 6-reel and 3-row 8-row 충청북도 출장안마 4-row video 안산 출장샵